4 Text Editor Terbaik Untuk Programmer

4 Text Editor Terbaik Untuk Programmer

Text Editor merupakan software aplikasi atau program komputer yang memungkinkan Anda sebagai penggunanya untuk membuat, mengubah atau mengedit file teks yang ada berupa plain text. Text editor ini sebenarnya bisa digunakan untuk membuat program-program komputer dan mengedit source code dari bahasa pemograman.

Selain itu, text editor juga bisa dimanfaatkan untuk membuat halaman web atau template web design dan juga membuat aplikasi tertentu. Software yang satu ini memang secara umum ditunjukan untuk mempermudah aktivitas pemrograman.

Pada artikel kali ini TeknoWebApp akan memberikan beberapa Text Editor yang sering digunakan para Programmer.

1. Visual Studio Code

Visual Studio Code atau sering disebut VS Code ini adalah sebuah teks editor ringan dan handal yang dibuat oleh Microsoft untuk sistem operasi multiplatform, artinya tersedia juga untuk versi Linux, Mac, dan Windows. Teks editor ini secara langsung mendukung bahasa pemrograman JavaScript, Typescript, dan Node.js, serta bahasa pemrograman lainnya dengan bantuan plugin yang dapat dipasang via marketplace Visual Studio Code (seperti C++, C#, Python, Go, Java, dst).

Teks editor VS Code juga bersifat open source, yang mana kode sumbernya dapat kalian lihat dan kalian dapat berkontribusi untuk pengembangannya. Kode sumber dari VS Code ini pun dapat dilihat di Github. Hal ini juga yang membuat VS Code menjadi favorit para pengembang aplikasi, karena para pengembang aplikasi bisa ikut serta dalam proses pengembangan VS Code ke depannya.

2. Sublime Text

Sublime Text adalah aplikasi editor teks  yang dapat berjalan diberbagai platform Operating System. Aplikasi ini sangat fleksibel dan powerfull, fungsionalitas dari aplikasi ini juga dapat dikembangkan dengan menggunakan sublime-packages.

Sublime Text mendukung berbagai bahasa pemrograman dan mampu menyajikan fitur syntax highlight hampir di semua bahasa pemrogramman yang didukung ataupun dikembangkan oleh Komunitas seperti : C, C++, C#, CSS, HTML, Java, JavaScript, Perl, PHP, Python, Ruby, SQL dan masih banyak lagi.

3. Atom

Atom adalah text editor yang bersifat free source dan open source bagi macOS, Linux, dan Microsoft Windows. Atom dilengkapi dengan plug-in yang ditulis dalam Node.js yang dikembangkan oleh Github . Atom merupakan aplikasi desktop yang dibuat memakai teknologi web.

4. Brackets

Bracket editor adalah code editor yang secara khusus dikembangkan untuk tujuan web design dan front-end development.

Project Brackets ini diusung oleh Adobe secara open source dan dikembangkan secara aktif oleh komunitas web developer dan benar-benar dibuat untuk kebutuhan web development, khususnya web design dan front-end development. Aplikasi ini tersedia untuk sistem operasi Windows, Linux, dan Mac OS X. Bahasa yang didukung oleh Bracket Editor seperti HTML, CSS, Javascript, dan masih banyak lagi.

Mungkin cukup sekian artikel tentang 4 Text Editor Terbaik Untuk Programmer, jika bermanfaat silahkan share keteman-teman kalian supaya mereka tau apa yang kalian tau.

Gagas Sangga Pratama   Gagas Sangga Pratama Senin, 04 November 2019 3.594 View Software

Komentar
grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesbig surprise
tongue laughohhgrrroh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangrykisscool smirkcool mad