Cara Install Webmin di CentOS/RHEL dan Fedora

Cara Install Webmin di CentOS/RHEL dan Fedora

Webmin adalah software open source berbasis web yang digunakan untuk tools system administration pada Unix/Linux, dengan menggunakan Webmin seorang administrator dapat dengan mudah menambah user account, konfigurasi webserver, konfigurasi DNS, file Sharing, konfigurasi proxy dan lainnya melalui web interface yang telah disediakan.

Pada artikel kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara menginstal dan mengkonfigurasi Webmin pada sistem CentOS, RHEL, dan Fedora.

1. Download Webmin RPM

RPM Webmin tersedia di situs resminya yang bisa kita Download atau bisa juga dengan menggunakan perintah di bawah ini untuk mengunduh. Webmin menyediakan file noarch yang dapat dengan mudah diinstal pada sistem operasi linux atau dapat menggunakan perintah wget.

cd /opt
wget http://www.webmin.com/jcameron-key.asc
wget http://www.webmin.com/download/rpm/webmin-current.rpm

2. Install Webmin

Setelah mengunduh rpm Webmin, gunakan perintah berikut untuk menginstal atau memperbaruinya. Kita harus mengimpor kunci GPG sebelum menginstal paket Webmin pada sistem operasi yang kita gunakan.

rpm --import jcameron-key.asc
rpm -Uvh webmin-current.rpm

3. Akses Webmin di Browser

Webmin secara default dapat di akses pada port 10000 seperti http://localhost:10000 atau 127.0.0.1:10000, dan masuk dengan username root dan password root sistem operasi yang kita gunakan.


Setelah berhasil masuk, maka kita akan di arahkan kedalam sistem Webmin seperti tampilan dibawah ini.


4. Perintah Dasar Webmin

Webmin menyediakan perintah init untuk memulai atau menghentikan layanannya. Gunakan perintah di bawah ini untuk melakukannya.

/etc/init.d/webmin start
/etc/init.d/webmin stop
/etc/init.d/webmin restart
/etc/init.d/webmin status

5. Reset Password Webmin

Untuk mengubah kata sandi akun root Webmin, gunakan perintah berikut. Perintah berikut tidak akan merubah password sistem operasi yang kita gunakan.

/usr/libexec/webmin/changepass.pl /etc/webmin root secretpassword

Mungkin cukup sekian artikel tentang Cara Install Webmin di CentOS/RHEL dan Fedora , jika bermanfaat silahkan share keteman-teman kalian supaya mereka tau apa yang kalian tau. Jika ada kesulitan silahkan tinggalkan komentar.

Baca Juga:

Gagas Sangga Pratama   Gagas Sangga Pratama Selasa, 13 Oktober 2020 780 View Fedora

Komentar
grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesbig surprise
tongue laughohhgrrroh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangrykisscool smirkcool mad